ASIAN FUN FESTIVAL CULTURE (AFFECT) 2024

06 Januari 2024 – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya menyelenggarakan Asian Fun Festival Culture 2024 (AFFECT). Acara ini mengusung tema Multicultural Festival sebagai konsep keberagaman budaya, baik tradisional maupun modern. Kegiatan yang menjadi luaran mata kuliah “Manajemen MICE” ini diadakan di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Kampus II Bekasi.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor III Universitas Bhayangkara – Dr. Zahara Tussoleha Rony, M.M., Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya – Dr. Aan Widodo, S.I.Kom., M.I.Kom, serta dosen pengampu mata kuliah Manajemen MICE sekaligus penanggung jawab acara – Imaddudin, S.I.Kom., M.I.Kom dan Fadli Muhammad Athalarik, S.I.Kom., M.I.Kom..

AFFECT 2024 lebih dari sekadar acara konser dan pertunjukan budaya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah berkumpulnya komunitas budaya, penggiat seni, atau pecinta musik yang ingin menikmati berbagai musik Asia. Untuk menambah keseruan, AFFECT turut menghadirkan band-band lokal Bekasi dengan beragam genre musik.

Bagi para pecinta fesyen, AFFECT juga menghadirkan rangkaian peragaan busana dalam Coswalk. Coswalk merupakan cosplay kostum karakter games, anime sebagai wadah pertukaran pengetahuan mengenai mode, dengan fokus konsep kebudayaan dan keunikan dari ketiga negara Asia yang diangkat pada event AFFECT kali ini.

Tidak lupa untuk para pecinta kuliner, AFFECT juga mengadakan kegiatan Bazaar Kuliner. Bazaar kuliner mengusung tema “ICIP RASA KULINER ASIA” dengan slogan “Rasakan Tradisi, Nikmati Modernitas”. Makanan dan minuman dari negara-negara Asia dipilih karena makanan Asia merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia, selain itu dikarenakan rasanya yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Bazaar fashion dan kriya menjadi pelengkap serangkaian kegiatan dalam penyelenggaran AFFECT 2024, sebagai salah satu cara yang efektif untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan para pelaku industri, serta memfasilitasi akses mereka ke pasar yang lebih luas. Kegiatan ini akan menjadi wadah bagi perajin, perancang, pelaku usaha, dan pecinta fesyen dan kriya untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan merayakan kekayaan budaya serta inovasi yang relevan dan berdampak positif bagi masyarakat dan ekonomi lokal.

Acara ini diharapkan mampu menciptakan kolaborasi dari berbagai pihak penyelenggara, komunitas, mitra serta pengunjung yang terlibat untuk mencapai tujuan tersebut.