IMPLEMENTASI KERJA SAMA DALAM JALINAN AKADEMIK FIKOM UBHARA JAYA DENGAN FAKULTI SAINS SOSIAL DAN KEMANUSIAAN UNIVERSITI MALAYSIA SABAH

02 Februari 2024 – Untuk mewujudkan visi Ubhara Jaya sebagai institusi unggul di tingkat internasional, Fakultas Ilmu Komunikasi Ubhara Jaya menempatkan program internasionalisasi sebagai prioritas penting. Salah satu program internasionalisasi yang dikembangkan Fikom UBJ adalah mengimplementasikan kerja sama dengan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan – Universiti Malaysia Sabah. Sebelumnya, perjanjian kerja sama antarkampus ini telah ditandatangani oleh Dekan Fikom Ubhara Jaya dan Dekan FSSK UMS pada tanggal 8 Desember 2023 di Kampus UMS Sabah Malaysia.

Sebagai tindak lanjut, di tahun 2024 FSSK UMS melakukan kunjungan akademik ke Fikom Ubhara Jaya. Kunjungan akademik dilaksanakan pada tanggal 2-3 Februari 2024. Adapun pihak FSSK UMS mengirim 3 (tiga) delegasi, yaitu Prof. Madya Dr. Lee Kuok Tiung, Wakil Dekan untuk Riset dan Inovasi – Prof. Madya Dr. Syahruddin Awang Ahmad, serta Dr. Latif Lai.

Implementasi kerja sama Fakultas Ilmu Komunikasi Ubhara Jaya dengan Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan UMS kali ini diwujudkan dalam sejumlah kegiatan, yakni Guest Lecture Undergraduate Program in Communication ScienceCommunications and Politics: New Media, Political Gimmick, and Generation Z, Guest Lecture Postgraduate Program in Communication Science – Digital Security Communication in the 2024 Election in Indonesia, studi banding ke Laboratorium Multimedia Fikom UBJ, serta diskusi lanjutan kolaborasi penelitian dengan tema Pemilu 2024 Indonesia.