RAMAH TAMAH FIKOM UBJ DAN KJRI KOTA KINABALU

8 Desember 2023, struktural beserta dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka Penjajakan Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu. Kedatangan tim Dosen Fikom Ubhara Jaya disambut hangat oleh Mahdaniar Nisfah – selaku Konsul Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya KJRI Kota Kinabalu.

Dalam kunjungan, Mahdaniar Nisfa menjelaskan kepada Tim Fikom UBJ terkait kondisi sebagian anak-anak dari pekerja Indonesia di Kota Kinabalu. Sebagian dari anak-anak tersebut ada yang beruntung dapat bersekolah di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. Namun, tak sedikit pula yang hanya bisa mengenyam pendidikan di Community Learning Center (CLC). CLC merupakan institusi pendidikan yang menyediakan pendidikan alternatif kepada anak-anak pekerja migran Indonesia yang bekerja di ladang di negeri Sabah, Malaysia. Meski diprakarsai oleh masyarakat lokal setempat di Sabah – Serawak, CLC tetap didukung dan dibina oleh Pemerintah Indonesia lewat Kemdikbud.

Tim Fikom Ubhara Jaya dan KJRI Kota Kinabalu juga membuka peluang kerja sama yang dapat difokuskan dalam peningkatan bidang pendidikan WNI di Kota Kinabalu, antara lain berupa program magang dan program pengajaran.