Kreatif dan siap kerja, merupakan kriteria yang saat ini menjadi patokan industri dalam mencari bibit baru dari para lulusan Sarjana, tak terkecuali di industri kreatif penyiaran. Maka dari itu, untuk mempersiapkan para lulusan yang siap bekerja dalam dunia kreatif serta bisa diterima di industri penyiaran, Prodi Sarjana Ilmu Komunikasi mengadakan kegiatan Kuliah Pakar bertema “Di Balik Penyajian Berita TV”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu, 15 November 2023.

Kegiatan Kuliah Pakar diperuntukkan utamanya bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Produksi Media TV serta Presenter TV dan Radio. Kedua mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib untuk peminatan Industri Media Penyiaran, yang ditempuh di semester 7. Mahasiswa semester 7 dipilih menjadi peserta wajib karena mereka merupakan mahasiswa siap lulus dan sudah seharusnya pula berpotensi siap kerja. Kegiatan Kuliah Pakar kali ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi LSP P-1 Ubhara Jaya sehingga dapat kompeten untuk skema Asisten Produser TV.

Dalam kegiatan Kuliah Pakar kali ini, Prodi Sarjana Ilmu Komunikasi menghadirkan Manager News Production RTV – Zacky Hosen sebagai pembicara. Zacky Hosen membawahi sejumlah program berita di RTV. Sebelum di RTV, Zacky pernah menjadi presenter di MNC News dan Global TV. Pengalaman di dunia penyiaran tak hanya di dua stasiun televisi tersebut. Zacky juga pernah berkiprah di NET. dan iNews TV. Kegiatan ini dipandu oleh Raissa Nabila, selaku MC dan moderator.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Program Studi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya, Syahrul Hidayanto, S.Sos., M.Si. “Selamat kepada Ibu Dian Sukmawati, S.Sos., M.I.Kom. sebagai inisiator acara ini dan tim atas terselenggaranya acara ini. Kuliah Pakar ini menjadi salah satu contoh suasana akademik yang diciptakan di Fakultas kita sebagai wadah bagi para dosen dan mahasiswa yang mengambil peminatan terkait untuk berdiskusi serta menjadi tempat untuk bertanya kepada praktisi yang berpengalaman di bidang industri penyiaran secara langsung. Jadi, para mahasiswa harus manfaatkan momentum ini karena jarang sekali ada acara seperti ini di setiap semesternya,” ucap Syahrul.

Acara dilanjut dengan pemaparan materi dari pembicara, Zacky Hosen. Materi yang disampaikan sangat lengkap seputar penyajian berita tv, peran penting berita tv di era digital, tantangan yang dihadapi oleh media tv di era digital, inovasi yang dilakukan industri penyiaran, serta realita yang terjadi di masa kini tentang dunia pertelevisian Indonesia. Setelah pemaparan materi selesai, acara memasuki sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa.

Sebagai penutup dari Zacky Hosen menandakan telah berakhirnya kegiatan Kuliah Pakar ini. “Jadilah kreatif dan siap bekerja. Kreatif dan inovasi menjadi kunci dalam bekerja di industrin kreatif. Siap lah bekerja daripada siap untuk tampil, karena banyak yang siap untuk tampil namun tak kunjung untuk tampil, akhirnya mereka menyerah dan patah semangat. Ini semua merupakan proses yang harus dilalui dengan kecintaan terhadap industri ini, dan saya tunggu di masa depan untuk kita semoga bisa kerja sama,” ucap Zacky.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan Kuliah Pakar ini, mahasiswa dapat mempersiapkan dirinya untuk bekerja di industri penyiaran dan membantu mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi LSP P-1 Ubhara Jaya sehingga dapat kompeten untuk skema Asisten Produser TV.