GENERAL LECTURE 2023

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Sabah mengadakan kegiatan General Lecture bertema “The Role of Media in Security Communication,” pada Kamis 5 Oktober 2023. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid di Kampus II Bekasi gedung Grha Tanoto dan platform Zoom Meeting. Peserta terdiri dari para dosen dan mahasiswa S1 FIKOM UBJ untuk luring dan mahasiswa S2 FIKOM UBJ untuk daring.

Pembicara dalam acara ini adalah Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya – Dr. Diah Ayu Permatasari, S.T., S.IP., M.IR. dan Dosen di Departemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universiti Malaysia Sabah – Prof. Madya Dr. Lee Kuok Tiung, serta yang bertugas sebagai moderator adalah Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya – Dr. Ciwuk Musiana Yudhawasti, M.Hum.

Lagu kebangsaan Indonesia “Indonesia Raya” dan lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku” berkumandang mengawali kegiatan, sebagai tanda hormat untuk kedua negara, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FIKOM UBJ – Dr. Aan Widodo, S.I.Kom., M.I.Kom.. Acara dilanjutkan dengan presentasi materi dari para pembicara. Dr. Diah Ayu Permatasari, S.T., S.IP., M.IR. mempresentasikan mengenai peran media dalam komunikasi keamanan dan disertai dengan beragam pembahasan beserta contoh kasus yang memiliki keterkaitan dengan komunikasi keamanan.

Selanjutnya, Prof. Madya Dr. Lee Kuok Tiung menjelaskan seputar komunikasi keamanan dan juga memberikan contoh kasus terbaru dalam dunia penyiaran, yaitu penggunaan kecerdasan buatan untuk program berita. Setelah presentasi materi oleh pembicara, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang dipandu oleh moderator.

Kalimat penutup dari Dr. Diah Ayu Permatasari, S.T., S.IP., M.IR. dan pemberian sertifikat kepada pembicara dan moderator, serta foto bersama para dosen FIKOM UBJ menandai berakhirnya acara tersebut. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai peran media dalam komunikasi keamanan.