HIBAH PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL SISWA SD TERSELENGGARA ATAS KERJA SAMA FIKOM UBHARA JAYA DENGAN THE HEAD FOUNDATION SINGAPURA UNTUK IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ENUMA DI WILAYAH KABUPATEN BEKASI

Sejak tahun 2021, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya mengembangkan kerja sama dengan beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Bekasi. Kerja sama dilakukan melalui program pendampingan pembelajaran daring bagi guru dan orang tua serta siswa SD, hingga pengenalan platform pembelajaran daring.

Sejalan dengan kegiatan pendampingan tersebut, di tahun 2022, Fikom Ubhara Jaya kemudian bekerja sama dengan Enuma mendapatkan hibah The HEAD Foundation dari Singapura untuk penyelenggaraan program Sekolah Enuma Indonesia. Merujuk pada kerja sama ini, Fikom Ubhara Jaya kemudian melakukan identifikasi dan penelusuran di wilayah Kabupaten Bekasi terkait sekolah dasar yang perlu mengembangkan literasi digital bagi para siswanya.

Berdasarkan hasil observasi, pengembangan literasi digital di Kabupaten Bekasi masih banyak kekurangan, baik dari segi sarana dan prasarana maupun ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, keluarga juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kemampuan siswa dalam belajar dan bersekolah. Melalui wawancara diperoleh data bahwa rata-rata sekolah dasar di Kabupaten Bekasi belum mendapatkan program pendampingan pengembangan literasi digital bagi siswa SD. Sehingga Fikom Ubhara Jaya menetapkan lima sekolah yakni SDN Kedung Pengawas 04, SDN Kedung Pengawas 01, SDN Muara Bakti 01, SDN Muara Bakti 02 dan SDN Muara Bakti 04 yang menjadi lokasi implementasi program Sekolah Enuma Indonesia. Peserta yang mengikuti program Sekolah Enuma yakni sekitar 400 siswa – terdiri dari siswa kelas I dan kelas II yang tersebar di 5 (lima) SDN tersebut.

Kegiatan implementasi program Sekolah Enuma diawali dengan keikutsertaan dosen pendamping dalam pelatihan yang diselenggarakan pihak Enuma. Kegiatan pelatihan ini digelar pada tanggal 04 Oktober 2022 di Kampus II Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Pelatihan dihadiri oleh para guru, perwakilan dari Fikom Ubhara Jaya, dan juga pihak Enuma. Dalam pelatihan tersebut, para dosen pendamping mendapat penjelasan tentang pengenalan platform Sekolah Enuma, serta pengenalan dan pengelolaan fitur-fitur LMS Sekolah Enuma.

Selanjutnya, Fikom Ubhara Jaya menyelenggarakan pelatihan program Sekolah Enuma kepada para guru yang terlibat dalam program Sekolah Enuma. Dalam pelatihan, para dosen pendamping memberikan penjelasan tentang urgensi literasi digital bagi siswa SD, pengenalan aplikasi Sekolah Enuma, praktik pembuatan akun di platform Sekolah Enuma, serta tata cara pengelolaan kelas selama program Sekolah Enuma belangsung.