COACHING SERTIFIKASI KOMPETENSI LSP P-1 UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAYA

Sertifikat kompetensi dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) merupakan tanda bukti tingkat kompetensi individu dalam suatu bidang pekerjaan profesional. Sertifikat kompetensi ini memiliki peran signifikan dalam mendukung perkembangan karier seseorang, baik saat mencari peluang pekerjaan maupun sebagai upaya meningkatkan mutu serta kemampuan kerja.

Salah satu cara untuk memperoleh sertifikasi kompetensi adalah melalui uji kompetensi, yang juga dikenal sebagai asesmen kompetensi. Asesmen kompetensi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan izin dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), salah satunya adalah LSP P-1 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Sebelum proses asesmen dilaksanakan, Prodi Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi rutin menyelenggarakan coaching sertifikasi kompetensi. Kegiatan diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan siaran langsung melalui kanal Youtube FIKOM UBJ. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan sosialisasi kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya yang telah lulus sidang skripsi supaya dapat lebih memahami proses sertifikasi kompetensi. Kegiatan ini juga memberikan gambaran umum mengenai skema-skema sertifikasi yang dapat mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi ambil, yakni skema Asisten Produser TV, Fotografer Madya, Desainer Grafis Madya, Kepemanduan Acara (MC), dan Public Relations Officer.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jaya Mohamad Rifaldi Akbar, S.Sos., M.Si. Setelah itu, dilanjut dengan pemaparan materi pertama tentang coaching skema sertifikasi Desainer Grafis Madya yang dipaparkan oleh Asima Oktavia Sitanggang, S.Ds., M.Si. Lalu, pemaparan materi coaching skema sertifikasi kedua tentang Kepemanduan Acara (MC) dan Public Relations Officer oleh Imaddudin, S.I.Kom, M.I.Kom.

Setelah sesi diskusi pertama selesai, acara kembali dilanjut dengan pemaparan materi coaching ketiga tentang skema sertifikasi Fotografer Madya oleh Fikri Reza S.IP., M.Si. Kemudian dilanjut dengan pemaparan materi coaching keempat tentang skema sertifikasi Asisten Produser TV oleh Dian Sukmawati, S.Sos., M.I.Kom.

Acara Coaching Sertifikasi Kompetensi LSP Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya berakhir setelah sesi diskusi kedua selesai dilaksanakan. Seluruh peserta diharapkan bisa memahami materi yang telah disampaikan oleh para asesor sehingga dapat semakin kompeten saat nanti masuk ke dunia industri.