Ubhara Jaya Dorong Mahasiswa Baru Berperan Luas Untuk Masyarakat Melalui Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ubhara Jaya- Pembekalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi agenda rutin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya)  setiap tahunnya,  dan pada tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Rasa Cinta Almamater, Tanah Air dan Bangsa Dalam Semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi.” Serangkaian kegiatan ini  berlangsung di Kampus II Bekasi yang dimulai pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018 dengan pelaksanaan tes narkoba, pengisian Kartu Rencana Studi untuk mahasiswa baru dan pada hari berikutnya dilaksanakan tes Bahasa Inggris bekerja sama dengan Lembaga Bahasa LIA yang dilakukan untuk semua jurusan.

PKKMB di Ubhara Jaya diisi berbagai kegiatan positif untuk memperkenalkan kegiatan akademik maupun non-akademik agar mahasiswa baru (Maba) dapat memiliki gambaran awal mengenai keseharian aktivitas di kampus. Acara dibuka oleh sambutan dari Rektor sekaligus melantik sekitar 2.300 Maba menjadi mahasiswa Ubhara Jaya yang ditandai dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan Maba setiap fakultas di Ubhara Jaya. Rangkaian acara lainnya adalah pembacaan sumpah Maba Ubhara Jaya, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber pilihan.

Dalam sambutannya, Rektor Ubhara Jaya Irjen Pol (Purn) Dr. (C) Bambang Karsono, SH.,M.M menyampaikan harapannya kepada peserta. “Saya berharap kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa agar bisa berperan luas bagi masyarakat, khususnya pada bidang Tri dharma perguruan tinggi,”katanya.

Pada tanggal 23 Agustus 2018, Mahasiswa baru Ubhara Jaya mendapat tujuh wawasan penting melalui diskusi interaktif yang diisi beberapa narasumber ahli diantaranya Rektor Unsada Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A yang memberikan ceramah Bela Negara di Kalangan Mahasiswa”, Irjen Pol. Drs. Ali Johardi, SH.MH dan Komjen Pol (Purn) Drs. Ahwil Lutan.SH.MBA, MM dengan ceramah Anti Narkoba. Acara semakin semarak dengan kehadiran mantan Kepala BNPT Irjen Pol (Purn) Drs. Ansyaad Mbai dengan materi Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme.Tidak ketinggalan materi dasar seperti kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan. materi yang disampaikan oleh Para Wakil Rektor sesuai bidangnya.

Di materi anti narkoba, diharapkan para mahasiswa baru  tidak menjadi korban atau pelaku dari peredaran narkoba. Sementara melalui pembekalan materi anti radikalisme, mahasiswa dipersiapkan untuk tidak terpengaruh pada paham dan gerakan yang tidak sesuai dengan idealisme bangsa. Pada hari yang sama, diberikan juga wawasan seputar sejarah, prestasi, dan proyeksi Ubhara Jaya.

Pada hari berikutnya  pengenalan kampus dilaksanakan pada tingkat fakultas. Bertindak sebagai pemateri adalah para pejabat struktural dan dosen yang sudah ditunjuk oleh masing-masing fakultas. Adapula sharing alumni dan penampilan himpunan/klub mahasiswa yang semakin menambahkan semangat untuk memulai perkuliahan di Ubhara Jaya.

Setelah rangkaian acara PKKMB di Fakultas berakhir, Maba kembali mengikuti kegiatan di universitas untuk mendapatkan materi seputar  Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) serta pemanfaatan IT di lingkungan Kampus. Untuk menyemarakkan suasana, Maba diajak bermain English game untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris mereka. Sebagai penutup hari ketiga, Rektor memberikan ucapan selamat kepada seluruh Maba atas berhasil diselesaikannya kegiatan pengenalan kampus. Rektor berpesan kepada peserta untuk menjadi mahasiswa yang cinta dan semangat mengembangkan Tri darma perguruan tinggi di kampus tercinta Ubhara jaya.

Tim Ubhara Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.