Universitas Bhayangkara Resmikan Pusat Kajian Komunikasi dan Masyarakat Digital.

 

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya meluncurkan Pusat Kajian Komunikasi dan Masyarakat Digital, Senin (11/3). Pada peluncuran ini, Puskakom dan Fikom Ubhara Jaya menyelenggarakan kuliah umum (studium generale) dengan tema Kewarasan Publik di Persimpangan Digital, diselenggarakan di Auditorium Graha Tanoto Kampus II Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.   Narasumber yang mengisi Kuliah Umum yakni Ajun Komisaris Besar Purnomo Hadi Suseno dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri, Cyber Security Specialist dan Founder Datum Victorius Elvino Priyanto Sadipun, dan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Dr Hizkia Yosias Polimpung.

Dekan Fikom Ubhara, Dr. Aan Widodo mengatakan, dibentuknya Puskakom didasari dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Fikom Ubhara. Pembentukan Puskakom ini nantinya akan menjadi pusat penelitian, pelatihan, dan wahana interkasi antara sivitas akademika Fikom Ubhara dengan pemangku kepentingan. “Ketika ini (Puskakom) sudah dibentuk akan jadi wadah interaksi, antara Fikom, dengan stakehokder, kalau dalam konsep rencana strategis masih dalam lingkup Kota Bekasi, kemudian nanti berikutnya akan dikembangkan lebih luas lagi,” Kata Dr. Aan Widodo. Beliau menambahkan, aktivitas yang akan dilakukan kedepan melalui Puskakom ialah, melaksanakan rangkaian workshop, diskusi, simposia, penelitian, dan diseminasi gagasan. Menjalin kerjas sama dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan di bidang komunikasi digital. Melaksanakan program pegandian masyarakat. “Kalau pengandian masyarakat yang sudah kami jalankan selama ini seperti sosialisasi, workshop, tentang literasi digital,” ungkapnya.

Ketua Panitia Kuliah Umum (Studium Generale) FIkom Ubhara Jaya Azhar Irfansyah S.I.P, M.A Puskakom ini berperan nyata dalam mengawal perumusan dan pengembangan kajian keamanan. “Ini menjadi kontribusi Fikom untuk mendukung Ubhara Jaya menjadi pusat kajian keamanan nasional di tanah air,” Ujarnya. Ia menambahkan Puskakom ini dibentuk guna menjadi wadah pertukaran gagasan di ranah keilmuan komunikasi antara civitas akademika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, mahasiswa, dan pemangku kepentingan diluar universitas.