Workshop Penulisan Buku Ajar Untuk Peningkatan Potensi Dosen

 

UBJ – Dalam rangka meningkatkan motivasi dan kemampuan para dosen dalam menulis buku ajar,Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi (LPPMP) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBJ) menyelenggarakan Workshop Penulisan Naskah Bahan Ajar. Kegiatan dengan tujuan meningkatkan potensi dosen tersebut berlangsung pada hariKamis, 22 Maret 2018 di Auditorium Kampus II Bekasi. Sejumlah jajaran fakultas dan dosen perwakilan dari setiap fakultas mengikuti workshop yang merupakan merupakan salah satuwujud kerjasama UBJ dengan Penerbit Graha Ilmu. Hadir sebagai pembicara Direktur Penerbitan Graha Ilmu DrsJozep Edyanto, SE.

Kegiatan dibuka oleh sambutanketua LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Dr. Irma Setyawati, SE, M.M yang mewakili Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Irjen. Pol. (Purn) Drs. H. Bambang Karsono, SH.,MM. Dalam sambutannya, Beliau memotivasi para dosen agar lebih produktif dalam membuat publikasi ilmiah salah satunya buku ajar.

Merujuk pada Undang undang No 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen terutama merujuk pada pasal 60 dinyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban melakukan publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar.

“Publikasi ilmiah berperan penting  dan menjadi salah satu indikator kemajuan bagi bangsa dan negara. Untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, perguruan tinggi mewajibkan  calon lulusan  S-1, S-2 dan S-3 di Indonesia memublikasikan karya ilmiahnya. Publikasi ilmiah dapat berupa jurnal nasional atau internasional, prosiding, buku ajar, buku refrensi dan monograf serta poster” ujarnya.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu workshop dengan pembicara DrsJozep EdyantoSE.Sebelum materi, beliaumemberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya workshop yang merupakan langkah akselerasi dan empowering yang tepat.  Drs.Josep dalam paparannya, banyak memberikan motivasi, teori dan strategi menulis buku, sharing pengalaman dan kerjasama dengan penerbit.Dalam kesempatan kali ini, peserta mengambil giliran dalam berdiskusi dan mengkonsultasikan rencana naskah bahan ajar mereka.

Peserta  mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi para dosen karena dapat membantu mereka dalam menyusun buku bahan ajar dengan sangat baik seperti yang diharapkan UBJ. Setelah ini, diharapkan dosen lebih bersemangat lagi dalam menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga ke depan buku-buku dosen UBJ menjadi kebanggaan tidak hanya untuk dari lembaga tapi juga untuk bangsa Indonesia.